Mengapa Kita Harus Menghemat Air ?

Kampanye hemat air sering sekali dikumandangkan beberapa tahun belakangan, apalagi sejak PBB menetapkan tanggal 22 Maret sebagai Hari Air Sedunia. Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, mengapa air harus dihemat?

Survei Geologi Amerika Serikat mengatakan kalau ada lebih dari 332,519,000 kubik mil air di bumi. Dengan jumlah yang sangat melimpah, kenapa kita tetap harus hemat air, ya?

Menurut National Geophysical Data Center NOAA, sekitar 321,003,271 kubik mil air ini adanya di laut. Dalam kata lain, 97 persen air yang ada di bumi ini adalah air asin. Kandungan garam yang terdapat dalam air laut sangat tinggi, lebih dari yang tubuh kita bisa proses. Maka dari itu, manusia tidak bisa meminum terlalu banyak air asin karena bisa menyebabkan kematian.

Meskipun 70% permukaan bumi tertutupi air, namun dari jumlah tersebut 97,5% merupakan air laut dan hanya 2,5% yang merupakan air tawar. Air laut tentunya tidak layak dikonsumsi karena kadar garamnya tinggi. Untuk mengubahnya menjadi air tawar diperlukan proses desalinasi yang mahal.

Dari persentase 2,5% air tawar yang ada di bumi, sejumlah 69% air tersimpan di glester kutub dan 30% merupakan air tanah, keduanya sulit diakses manusia. Hanya 1% sisanya yang berupa air permukaan (sungai, danau dan rawa). Bayangkan, itu artinya air bersih yang bisa diakses manusia dengan mudah HANYA SATU PERSEN dari total cadangan air di bumi! Dan jumlah tersebut masih harus dibagi lagi kepada 6 milyar penduduk bumi. Dan hanya 0.5% Air Tawar yang layak konsumsi. Kalau tahu begini, apa masih layak kita katakan tidak perlu menghemat air?

Mungkin ada yang bertanya, kan ada siklus H2O di bumi, air dari hujan akan diserap tanah lalu mengalir sampai ke laut lalu menguap menjadi awan lalu turun lagi sebagai hujan dan seterusnya. Jadi air nggak bisa habis kan?

Yap, air memang nggak bisa habis, tapi AIR BERSIH bisa.

Nah seperti penjelasan diatas, walaupun air dibumi tidak pernah berkurang tetapi air yang layak konsumsi jumlahnya semakin berkurang. Memang kalian mau minum air yang tercemar ? sudah pasti tidak ada yang mau karena mengkonsumsi air yang tercemar bisa menyebabkan berbagai penyakit pada manusia.

So, mulailah dari sekarang untuk menghemat air dari diri kita sendiri tidak perlu berkoar-koar untuk mengkampanyekan hemat air tetapi kita sendiri masih belum bisa untuk menghemat air. Mulailah dari hal-hal yang sederhana Misalnya, tidak membiarkan kran bocor di rumah kita. Kran bocor mungkin sepele. Tetapi, jika kebocoran itu ditampung, kamu akan kaget melihat jumlahnya.

Selain itu, kita juga harus menjaga kondisi sumber-sumber mata air yang ada disekitar kita agar tidak tercemar oleh limbah sehingga masyarakat di sekitar daerah tersebuttidak kekurangan pasokan air bersih yang layak konsumsi. Usahakan juga untuk selalu rajin menanam pohon agar air hujan yang jatuh ke bumi bisa terserap dengan oleh tana.

Semakin banyak pohon yang anda tanam maka akan semakin bagus karena sudah pasti air hujan akan semakin banyak terserap oleh tanah sehingga jumlah air tanah didaerah kita jumlahnya berlimpah. Nah, apabila air tanah sudah berlimpah maka akan dengan mudah terbentuk sumber mata air secara alami.

Bijaklah dalam menggunakan air agar anak cucu kita nanti tetap bisa menikmati indahnya hidup didunia ini.

 

Referensi :

mihabibah.net

student.cnnindonesia.com

beringaz.com

 

The following two tabs change content below.
Pipa Stand Victory adalah merk pipa PVC dan pipa conduit trademark dari PT. Rasa Langgeng Wira yang merupakan perusahaan Indonesia yang menawarkan solusi kebutuhan bahan bangunan untuk menunjang pembangunan di Indonesia.

Latest posts by PIPA STAND VICTORY (see all)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *