Agar Air Kran Mengalir Seimbang

Penyebab tekanan air kran yang tiba – tiba  melemah ketika kran lain sedang digunakan adalah karena adanya pendistribusian air yang tidak seimbang. Kondisi seperti ini biasanya sering terjadi pada rumah yang menggunakan tangki atap. Tangki atap mengandalkan gaya gravitasi bumi pada saat memberikan tekanan aliran air pada pipa. Proses penyaluran ini apabila menggunakan instalasi pipa yang tidak benar akan membuat tekanan air menjadi tidak seimbang. Bisa dipastikan apabila aliran air lemah , distribusi air menggunakan pipa dengan diameter pipa yang kecil dan sama (misalnya ukuran pipa 1/2″) sementara di dalam rumah ada 4 sampai 5 kran.

Nah, untuk mengatasi permasalahan di atas, sebaiknya perbaiki sistem perpipaan di rumah. Ganti instalasi pipa yang benar dengan menggunakan sistem primer, sekunder dan tersier. Untuk rumah tinggal biasanya digunakan pipa ukuran 1″, 3/4″ dan 1/2″.

Gunakan pipa 1″ untuk menyalurkan air dari tangki ke bawah (vertikal). Sampai bawah di bagi dengan menggunakan pipa 3/4″ ke arah masing- masing, misal kamar mandi dan dapur (horizontal). Kemudian untuk masuk ke kamar mandi atau dapur diperkecil lagi ukuran pipanya menjadi 1/2″.

Sumber : http://www.caradesainrumah.com/2016/06/penyebab-tekanan-air-kran-menjadi-lemah.html

 

 

 

 

 

The following two tabs change content below.
Pipa Stand Victory adalah merk pipa PVC dan pipa conduit trademark dari PT. Rasa Langgeng Wira yang merupakan perusahaan Indonesia yang menawarkan solusi kebutuhan bahan bangunan untuk menunjang pembangunan di Indonesia.

Latest posts by PIPA STAND VICTORY (see all)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *