Mendeteksi Kebocoran Pipa

Setiap kali melakukan pemasangan pipa saya yakin anda sudah sangat memperhatikan pemasangan untuk menghindari adanya kebocoran. Namu kerap kali, kebocoran adalah hal yang terjadi tak terduga yang disebabkan oleh banyak faktor.

Akan mudah diatasi apabila kebocoran terjadi pada saluran air yang  dipasang pada sistem terbuka. Dan akan menjadi sulit apabila yang mengalami kebocoran adalah pada saluran pipa tertutup.

Mendeteksi kebocoran pada pipa berbeda dengan kebocoran yang terjadi pada kran. Oleh sebab itu dengan mengamati pergerakan jarum pada meteran air dapat mendeteksi apakah pipa mengalami kebocoran atau tidak. Apabila semua kran telah di tutup namun jarum meteran berubah, maka kemungkinan pipa mengalami kebocoran.

Pada sistem saluran yang terbuka, titik kebocoran dapat ditemukan dan diamati secara langsung. Namun bagaimana jika terjadi pada sistem tertutup? maka perlu dilakukan pengamatan pada seluruh jaringan pipa. Biasanya pada area kebocoran akan ditandai dengan adanya rembesan atau lembab.

Kebocoran dapat diatasi dengan lem pipa PVC atau mengganti dengan pipa yang baru. Memperbaiki kebocoran pipa kadang menjadi hal yang sulit apabila pipa yang bocor berada pada sistem yang tertutup. Untuk mempermudah, sejak awal sebaiknya posisikan pipa pada sistem terbuka. Atau gunakan denah pemipaan pada saat membangun rumah.

The following two tabs change content below.
Pipa Stand Victory adalah merk pipa PVC dan pipa conduit trademark dari PT. Rasa Langgeng Wira yang merupakan perusahaan Indonesia yang menawarkan solusi kebutuhan bahan bangunan untuk menunjang pembangunan di Indonesia.

Latest posts by PIPA STAND VICTORY (see all)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *