Apa itu PVC ?

PVC ditemukan secara tidak sengaja oleh Henri Victor Regnault pada tahun 1835 dan Eugen Baumann pada tahun 1872. Di awal abad ke 20, ahli kimia Rusia, Ivan Ostromislensky dan Fritz Klatte dari perusahaan kimia Jerman Griesheim-Elektron mencoba menetapkan penggunaan PVC sebagai produk komersial. Tetapi, kesulitan pengakuan bahan menghalangi usaha mereka. Pada tahun 1926, Waldo Semon dan perusahaan B. F. Goodrich mengembangkan metode menjadikan PVC ‘benar-benar plastik’ dengan menambahkan berbagai bahan tambahan. Hasilnya, PVC menjadi lebih fleksibel dan lebih mudah diproses yang lalu mencapai penggunaan secara luas.

PVC yang tidak asing ditelinga kita adalah nama dari jenis pipa yang digunakan untuk keperluan pipa buangan domestic maupun buangan industry. Bukan hanya pada pipa saja, akan tetapi banyak pemanfaatan PVC ini juga pada pakaian, kemasan botol, Isolasi kabel dan lain-lain. Namun Tahukan Kamu, Apa itu PVC serta darimana dan apa bentuk awal dari PVC? Mari kita cari tahu yaa..

PVC atau dalam nama aslinya di sebut dengan Poly Vinil Chloride merupakan polimer thermoplastik urutan ke 3, maksudnya plastic yang digunakan paling banyak ke3 di dunia setelah polietilena dan polipropilena.. Kebanyakan PVC dipakai di bidang konstruksi karena PVC mempunyai sifat relative murah, tahan lama dan mudah di rangkai. Karena ini lah penggunaan PVC dalam pemipaan dan pelengkap pada konstruksi di bangunan banyak digunakan.

LALU DARIMANA PVC BERASAL DAN APA BENTUK AWAL PVC?

PVC dihasilkan dari dua jenis bahan baku utama: minyak bumi dan garam dapur (NaCl). Minyak bumi diolah melalui proses pemecahan molekul yang disebut cracking menjadi berbagai macam zat, termasuk etilena ( C2H4 ), sementara garam dapur diolah melalui proses elektrolisa menjadi natrium hidroksida (NaOH) dan gas klor (Cl2). Etilena kemudian direaksikan dengan gas klor menghasilkan etilena diklorida (CH2Cl-CH2Cl). Proses cracking/pemecahan molekul etilena diklorida menghasilkan gas vinil klorida (CHCl=CH2) dan asam klorida (HCl). Akhirnya, melalui proses polimerisasi (penggabungan molekul yang disebut monomer, dalam hal ini vinil klorida) dihasilkan molekul raksasa dengan rantai panjang (polimer): polivinil klorida (PVC), yang berupa bubuk halus berwarna putih. Masih diperlukan satu langkah lagi untuk mengubah resin PVC menjadi berbagai produk akhir yang bermanfaat.

Karena PVC dalam benruk awalnya adalah berbentuk seperti tepung, maka dalam pemanfaatannya harus diolah dengan pembahan beberapa unsur dan senyawa lain sebelum menghasilkan produk-produk yang kita temuai sekarang. Seperti diibaratkan tepung terigu, tepung PVC ini harus di tambahkan dengan tambahan zat adiktif lainnya, sehingga menjadi adonan/Compound yang bisa di bentuk sesuai dengan keperluan hasil produk akhirnya. PVC dapat direkayasa dengan berbagai bentuk, warna dan pberbagai produk, karena kebanyakan sifat yang dituju pada hasil akhir PVC ini adalah dari segi warna, kefleksibelan, ketahanan terhadap UV dan transpransi. Sehingga sekarang ini banyak produk PVC yang kita temui.

 

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/PVC

http://infostudikimia.blogspot.co.id/2013/06/pvc.html

The following two tabs change content below.
Pipa Stand Victory adalah merk pipa PVC dan pipa conduit trademark dari PT. Rasa Langgeng Wira yang merupakan perusahaan Indonesia yang menawarkan solusi kebutuhan bahan bangunan untuk menunjang pembangunan di Indonesia.

Latest posts by PIPA STAND VICTORY (see all)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *